Hikmah


Orang taat bukan berarti tidak ada keinginan maksiat. Hanya saja nafsu maksiatnya dikalahkan oleh rasa TAKUTnya kepada ALLAH (QS35:28) Demikian pula orang yg maksiat, bukan berarti tak ada iman. Hanya saja imannya dikalahkan oleh nafsu durjananya (QS12:53

Senin, 29 November 2010

BE HEALTHY - Cara Minum Obat Yang Benar

Sahabat MQ, Obat pada dasarnya terdiri dari berbagai bahan, baik itu kimia, nabati, hewani yang dapat menyembuhkan atau mengurangi efek dari suatu penyakit.
Obat juga banyak macamnya, berdasarkan bentuk obat, janis obat, cara pemakaiannya, dsb. Untuk cara pemakaiannya, sebagai contoh obat 3 kali sehari berarti secara ideal, obat tersebut diminum setiap 8 jam sekali, namun jika kita sedang berpuasa, kita bisa tetap minum obat 3 kali sehari saat berbuka puasa, mau tidur, juga sewaktu makan sahur.
Sementara itu, Pemakaian jamu rebus setiap hari tidak begitu dianjurkan, karena bisa terakumulasi dalam ginjal jika dikonsumsi terus-menerus. Bagitu juga dengan minyak ikan yang terlalu sering dikonsumsi.

* Obat asma memang bisa menimbulkan takikardi, sehingga jantung terasa sangat berdebar, namun basa kita atasi dengan mengganti merk obat, tentunya terlebih dahulu sudah dikonsultasikan dengan dokter.

* Sistenol merupakan anti-piretik, yaitu obat turun panas, diantaranya ada sistenol film coated di mana sistenol ini mengandung asetosal dengan kelebihan bisa melapisi hati, khususnya bagi penderita penyakit hati yang mengalami demam.

Jika kita termasuk orang yang tidak bisa menelan obat tablet, kita bisa menggerusnya atau memakannya dengan roti/buah2an, contohnya pisang, mangga (jika tidak ada iritasi lambung) ataupun bisa membeli cairan untuk mencairkan obat yang sudah tersedia di Apotek. Rasa mual setelah meminum obat, bisa jadi efek dari obat tersebut atau bisa jadi karena pikiran kita sendiri yang tidak suka minum obat, sehingga timbul efek psikosomatik.
Tentunya, sebagai pasien, kita harus meminum obat sesuai dengan aturan yang berlaku karena ada beberapa obat yang harus dihabiskan (terutama antibiotik) dan ada beberapa obat yang tidak harus dihabiskan jika gejala klinis sudah tidak muncul.

Narasumber : Estri, S.Si, Apt. dan dr. Dian (sumber radio Mq fm jogja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar